Aplikasi Canva kini hadir dalam versi desktop



Aplikasi pengolah gambar paling kekinian layak disematkan untuk "Canva". Bahkan untuk level emak-emak yang tidak terlalu mengerti komposisi layout sudah disediakan template gratis yang tinggal pakai dan hasilnya dijamin tidak akan "menusuk mata". Aplikasi yang sedang naik daun ini mungkin telah menyelamatkan jutaan pemakainya yang tidak mampu membeli aplikasi grafis yang kita tahu harganya tidaklah murah. Dan telah membantu kita yang suka pusing melihat timeline media sosial yang penuh sampah visual  tidak sedap dipandang mata.

Dan yang hebatnya lagi aplikasi Canva ini sudah lengkap paket desainnya, mulai dari pembuatan logo sampai komposisi desain untuk tampilan social media baik itu foto dan video. Untuk mengaksesnya hanya membutuhkan smartphone atau bisa juga digunakan di browser langsung yang terkoneksi internet tentunya. Penyimpanan hasil desain terintegrasi di cloud baik itu saat buka di smartphone, browser atau desktop apps nya bisa langsung diakses.

Fitur terbaru animasi dan video semakin mempertegas kenyamanan penggunaan aplikasi ini, para konten creator hanya tinggal memikirkan isi konten saja. Tersedia juga fitur premium yang tentunya akan membuat tampilan semakin dahsyat, walaupun akhirnya akan kembali kepada kreativitas penggunanya masing-masing. 

Tampilan Canva Desktop
Tampilan aplikasi canva untuk desktop windows

Aplikasi ini bisa jadi  merupakan disrupsi dari aplikasi-aplikasi pengolah grafis yang sudah bertahun-tahun menguasai dunia desain grafis. Siapa yang tidak mau mempelajari ini, terutama desainer grafis tentunya akan semakin tertinggal. Walaupun masih ada kekurangan tentunya tapi setidaknya aplikasi Canva ini sudah menjadi salah satu pilihan solusi membuat tampilan desain yang cepat dan praktis.

Mau coba fitur premium gratis ? Kalau register lewat link dibawah ini bisa dapat 1 credit/ poin gratis yang bisa digunakan untuk akses premiumnya, lumayan buat coba-coba, klik aja link dibawah :


kalau mau coba di  smartphone download di appstore / playstore,  atau untuk pengguna desktop bisa download disini:


Download Canva Desktop


Share:

Shutterstock turun harga, masihkah ada peluang di bisnis microstock?



Sebelumnya mungkin kita pernah dengar ada berita penurunan harga saham perusahan shutterstock inc, salah satu penyedia konten foto, ilustrasi dan video footage yang berlokasi di New York.Shutterstock ini salah satu pelaku utama di bisnis microstock. Oh iya, buat anda yang mungkin baru mendengar istilah microstock ini adalah secara singkatnya dimana kita bisa menitipkan karya foto atau ilustrasi maupun video kita untuk dijual oleh perusahaan tersebut. harga yang didapatkan oleh kita sebagai microstocker adalah $0.25 per 1pcs download, jualan foto dengan harga receh begitu secara garis besar bisnisnya. Walaupun terkesan receh telah banyak yang meraup penghasilan ribuan dollar per bulan.

Baru-baru ini mengumumkan informasi mereka menurunkan fee/honor download para microstockernya menjadi $0.10 dan tambahan beberapa aturan baru struktur pembayaran penghasilan. Hal ini menimbulkan kegaduhan besar bagi para contributornya

"A new “Stock Coalition” made up of photographers, illustrators, animators, and filmmakers from around the world is calling for a “global shutdown of Shutterstock portfolios” to protest the recent change to the stock giant’s royalty structure, notes PetaPixel. The industry body is asking contributors to disable their accounts for “at least one week” starting today. The controversy at the core of this call-to-action began a few weeks ago, when Shutterstock revealed a new earnings/royalty structure that infuriated many of its core contributors." (sumber : air-ap.com )
"Sebuah " Koalisi Kontributor "baru yang terdiri dari fotografer, ilustrator, animator, dan pembuat film dari seluruh dunia menyerukan" penutupan global portofolio Shutterstock "untuk memprotes perubahan baru-baru ini pada struktur royalti raksasa saham itu, catat PetaPixel. Industri ini badan meminta kontributor untuk menonaktifkan akun mereka untuk "setidaknya satu minggu" mulai hari ini. Kontroversi pada inti ajakan untuk bertindak ini dimulai beberapa minggu lalu, ketika Shutterstock mengungkapkan struktur pendapatan / royalti baru yang membuat marah banyak dari mereka. kontributor inti. "

Dampak struktur pembayaran royalty ini sangat terasa bagi kontributor yang sudah lama bergabung di shutterstock ini, karena ada sistem leveling berdasarkan jumlah karya yang di upload dan yang terasa  merugikan adalah semua level tersebut direset setiap awal tahun. Kalau bagi saya sih dampaknya belum begitu berasa, malah mungkin menguntungkan untuk awalnya walaupun nantinya untuk jangka panjang akan terasa berat.

Yang sakit hati tentunya yang sengaja serius menekuni bisnis ini sebagai pekerjaan utama, terasa semakin tidak dihargai karyanya. Jadi  masih kah ada peluang di bisnis microstock?
 
Share:

Sejarah saya mengenal internet

Photo by John Schnobrich on Unsplash
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Saya mulai mengenal internet sekitar tahun 1997 dimana zaman tersebut internet masih tergolong teknologi baru untuk ukuran kota kelahiran saya yang hanyalah sebuah kota kecil perlintasan dari 1 kota besar ke kota besar lainnya ( ada yang bisa nebak ? ). Bahkan saat itu belum ada yang namanya Warnet atau warung internet yang kalau dilihat kondisi warnet-warnet sekarang mungkin sudah hampir punah. Untuk bisa mengakses internet dulu harus datang ke kantor pos nama layanan penyedia akses internetnya adalah "wasantara-net". semacam warung internet ada komputer desktop pc siap pakai dengan akses internet.Hal yang dilakukan internetan waktu itu hanya sebatas mengakses email dan chatting dengan aplikasi mIRC . Tapi sungguh senangnya bukan main bisa internetan walau hanya gitu-gitu saja hehe. Email pertama saya adalah dari layanan email Yahoo.com dimana waktu itu sangat berjaya di awal hadirnya internet. multimedia seperti audio dan video masih langka dan belum selancar sekarang.

Mulai tahun 2000 awal kebutuhan akses akan internet mulai meningkat karena harus mengerjakan tugas-tugas kuliah dan tahun tersebut mulai banyak beredar warung internet atau ada juga yang menyebutnya internet cafe ( mungkin biar terlihat keren). Untuk menyimpan data masih menggunakan disket floppy disk dengan kapasitas 1,4 mb belum dipotong sistem. Flashdisk masih barang langka dan mewah untuk kapasitas 8mb aja harganya bisa ratusan ribu. tahun ini adalah awal mula mengenal proses download alias donlod perdonlodan terutama lagu berformat mp3 yang sedang ngehits di zaman itu. Bayangkan rata-rata satu lagu standar 3 menitan dalam ukuran mp3 itu sekitar 3 s.d 4 mb dan untuk menyimpan hasil download dari warnet untuk 1 lagu filenya harus dipecah jadi 2-3 disket. Segitunya perjuangan kami untuk ingin mendengarkan lagu gratis donlod dari internet. Maaf waktu itu saya belum memahami hak cipta atau copyright sebuah lagu dan mungkin dialami sebagian besar pengguna internet di zaman itu karena masih dalam euphoria kemudahan mendengarkan lagu berformat mp3. 

Ini adalah zaman awal teknologi kaset untuk lagu mulai mengalami pergeseran / disrupsi. akses internet masih tergolong lambat untuk di streaming. Layanan streaming audio yang saya ingat pertama adalah menggunakan aplikasi quicktime dan real player dan itu pun super lemot. Jadi lebih enaknya didonlod dulu agar bisa diputar berulang-ulang. untuk akses internet semakin bertambah variasinya. Kalau untuk memiliki blog sendiri dulu ada penyedia nya dari geocities.com dan mulailah mengenal apa itu HTML, javascript dan lainnya.social media belum lahir / booming diindonesia. Jadi pada ngapain aja orang-orang internetan pada tahun 2000 di indonesia ? mIRC masih berjaya , dan mulai juga aktif forum-forum yang berbentuk website dimana penggunanya mulai bisa berinteraksi. tampilan website juga sudah agak meningkat dulu dikenal dengan "website interaktif" semakin banyak yang bergerak di layar nya maka dianggap semakin keren haha.

bersambung











Share:

Masa transisi pandemi covid-19


Mem


Memasuki 2 pekan setelah lebaran 2020 ini , sekilas info berita di TV katanya sekarang kita sedang memasuki masa transisi PSBB alias social distancing 'ala indonesia atau lockdown dengan kearifan lokal.Artinya sebagian sudah ada kelonggaran di berbagai sektor usaha tapi engga tau apa aja yang dilonggarkan hehehe yang jelas kondisi keuangan kami yang semakin diperketat.

Oh iya selama masa PSBB ini berlangsung jalan depan rumah saya yang bukannya semakin sepi tapi tambah ramai dengan lalu lalang sepeda motor. Pasalnya, saya tinggal di daerah kampung yang berbatasan dengan dua kompleks perumahan yang cukup besar dan selama kebijakan PSBB ini kedua jalan utama kompleks ini ditutup total. Sehingga kendaraan bermotor roda dua membanjiri jalan kampung kami. Dan istimewanya kelurahan kami ini dilabeli zona merah! , mantap kan?.

Pandemi ini memang berdampak sangat besar kepada semua pihak, adakah yang tidak terdampak sama sekali oleh penyebaran ini?. Tetangga kiri kanan sudah pasang plang untuk menjual rumahnya, ketika sedikit ngobrol dengan si tetangga tersebut dia bilang bahwa virus ini rekayasa dari negara adidaya yang sedang perang dagang dan ada unsur kesengajaan sehingga dia kehilangan pekerjaannya dan terpaksa harus menjual rumahnya.

Para ahli clickbait menjadikan pandemi ini sebagai sarana berburu “cuan” dengan menghadirkan isu konspirasi dalam pandemi ini. Benar atau tidaknya apakah isu teori konpirasi ini kalaupun misalnya benar istilah yang lebih tepatnya bukan teori konspirasi tetapi harusnya teori konsinyasi. Karena yang berperan menitipkan isu ini untuk mencari keuntungan dan biasanya yang mencari keuntungan itu para adalah pedagang yang menitipkan barangnya.

Lalu apa usaha saya untuk melawan darurat ekonomi ini? Saat ini selain tetap menjalankan usaha yang sudah berjalan dengan kondisi pasrah. Saya coba-coba dulu merintis profesi freelancer dan kerja online dengan sistem work from home. Nantilah saya bahas satu-persatu kalau ada yang sudah menghasilkan, yang jelas bukan jualan konspirasi.

See yu later blog.

Share:

Posting ah di tahun 2020

Photo by hannah grace on Unsplash


Iseng-iseng ngecek statistik blog, ternyata di tahun 2019 blog ini "0" posting... (wah kemana aja ya)

By de way blog ini umurnya udah 14 tahun udah lagi ABG nih baru mulai remaja jadi harap maklum kalau masih labil, namanya juga remaja haha

Hmm banyak perubahan sekarang di forum2 tulis menulis trendnya dari medium dan quora , kaskus udah jarang akses, dan sekarang orang-orang cenderung lebih hobi nonton vlog youtube. para artis pun berlomba-lomba bikin vlog.

Sekarang kondisi terkini saat ini ceritanya lagi pembatasan sosial berskala besar katanya untuk mengurangi dampak corona atau covid19

lagi cari-cari rekomendasi judul film eh ternyata masih ada yang nulis di blogger, sekalian nitip link biar ga lupa , nemu tempat rekomendasi nonton film di sini >> https://ajirenji.blogspot.com/




Share:

Menjadi Warganet Cerdas & Kreatif






Akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat. Media untuk pembelajaran semakin mudah diakses. Tidak seperti sekarang ini , dulu sekitar tahun 90-an sampai awal tahun 2000-an internet masih sangat terbatas aksesnya. Jika ingin mencari tahu ilmu tentang sebuah hal atau masalah masih sangat tergantung kepada media cetak dan elektronik seperti radio dan televisi. Kemudahan akses internet ini mulai terasa saat akses kecepatan 4G mulai tersebar di berbagai daerah di indonesia dibarengi dengan semakin terjangkaunya harga perangkat smartphone.
Hosting Unlimited Indonesia
Semuanya kini serba online, “Internet of things” (IoT) begitu kata para ahli dan pakar Informatika dulu memprediksi kondisi dimana saat akses internet semakin bertambah kecepatan dan mudah serta murah didapatnya. IoT sendiri adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Interaksi sehari-hari dalam kegiatan rumah tangga kini tak lepas dari koneksi internet. Selain penggunaan gadget smartphone , Sebagai contoh sekarang sudah ada istilah Smart TV dimana TV sudah dilengkapi operating system android. Atau ada juga nantinya lemari es yang  terkoneksi internet dimana kulkas tersebut memilik “kecerdasan” bisa mendeteksi misalnya ketika ada makanan yang sudah tidak bisa dikonsumsi karena terlalu lama disimpan, bahkan bisa memesan otomatis barang-barang sesuai kebiasaan penghuni rumah dan kemudian belanja kebutuhan sendiri secara online dan terintegrasi dengan minimarket terdekat.

Di dunia yang kini serba online mulai kita rasakan berbagai kemudahan mulai dari pemesanan tiket, transportasi, belanja online sampai delivery makanan cukup dengan beberapa sentuhan jari saja. Untuk usaha dengan level usaha kecil menengah ( UKM ) kini sangat mudah dan terhitung murah jika ingin meng-online-kan bisnis mereka agar memilik alamat dotcom dengan mendaftar domain dan layanan hosting.  Banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting ini yang sangat berkualitas salah satunya adalah penyedia jasa layanan hosting indowebsite yang bisa diakses di : www.indowebsite.id dengan memiliki alamat dotcom sendiri bisnis kita akan semakin mudah dijangkau calon konsumen yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.

 “The world is in your hand” mengutip dari sebuah slogan BUMN telekomunikasi terbesar di negeri ini yang juga menyediakan akses internet yang murah dan cepat. Teknologi di dunia ini semakin cerdas, lalu bagaimana dengan masyarakatnya? Berdasarkan pembagian generasi menurut para ahli kategori pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran ada Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980) dimana saat itu komputer baru mulai dikembangkan, kemudian Generasi Y atau dikenal juga sebagai Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994) di usia ini sudah berkembang penggunaan gadget smartphone yang sudah canggih , ada juga Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010) dan Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang) yang sudah sangat terbiasa dengan kecanggihan teknologi sejak usia dini. Bahkan kini anak-anak zaman sekarang kalau ditanya cita-citanya bukan ingin menjadi dokter atau pengacara lagi, tetapi pasti sebagian besar mereka akan ada yang menjawab ingin menjadi seorang blogger, internet marketer,vlogger, youtuber.

Internet sendiri bagaikan dua sisi mata uang, selain hal positif ada juga beberapa dampak negatif yang patut kita waspadai. Ada berbagai hal mulai dari penjudian online, pornografi, perdagangan manusia,penyebaran hoax melalui berbagai media sosial, penyebaran paham radikal dan lain-lainya. Tergantung dari kita menyikapi nya dengan menjadi pengguna internet yang cerdas. Kita lawan hal-hal negatif tersebut dengan menciptakan konten-konten cerdas mendidik, berkualitas, dan konten hiburan positif yang mempunyai dampak mencerdaskan apabila ada yang melihat karya kita tersebut. Atau jika kita tidak bisa membuat konten sendiri, minimal kita share konten milik orang lain yang bersifat positif.

Mari kita tanamkan dalam diri kita semangat bersama cerdaskan bangsa. ajak semua teman dan keluarga juga menjadi netizen atau warganet yang kreatif dan cerdas. Tidak mudah terprovokasi dan tidak gampang menyebar berita bohong yang sumbernya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Share:

Si Tukang "Nyangut"




Kata "nyangut" dalam bahasa sunda bisa diartikan nyangkut, nyahut, nyantol atau nyamber. Biasanya istilah ini sering digunakan dalam kegiatan mancing memancing yang melibatkan umpan pancing dan ikan yang dipancing. Berbicara mengenai ikan yang dipancing, ada jenis ikan yang gampang sekali "nyangut" diberi umpan apapun yaitu jenis ikan lele, ikan ini merupakan jenis ikan pemakan segala sehingga hampir semua umpan bisa digunakan untuk memancing ikan ini. dan ikan lele sering menjadi pilihan ikan yang umum dipelihara di kolam rumahan karena bisa diberi makan apa aja, misalnya limbah makanan rumah tangga, sisa makanan dan lainnya.

Dalam kegiatan keseharian manusia berkomunikasi ada juga orang yang bisa diberi julukan si tukang nyangut, yaitu orang yang suka ikut-ikutan nyahut, nyamber atau nyantol pembicaraan orang lain. misalnya ketika si A dan si B sedang bercakap-cakap, tiba-tiba si C ini ikut di dalam percakapan antara A dan B tanpa diajak pembicaraan sebelumnya. istilah jaman now nya itu ya "kepo" tapi sudah di level diatasnya karena sering ikut nimbrung aja, bukan sekedar ingin tahu. sering nya tanpa diundang masuk ke dalam sebuah pembicaraan yang bukan urusannya.

Apabila si tukang nyangut ini diibaratkan sebuah lele di dunia perikanan, maka posisinya sangat lemah sekali. ikan lele salah satu jenis ikan yang gampang dijumpai karena harganya murah dan mudah didapatkan,  berbeda dengan misalnya ikan gurame yang lebih mahal dan  biasanya dijumpai di menu restoran, maka ikan lele biasanya tersaji di warung tenda pinggir jalan yang kualitas higienis nya sering diragukan..maka dari itu dalam analogi status sosial dengan dunia perikanan ini janganlah menjadi tipe manusia tukang nyangut seperti ikan lele yang suka bertele-tele:) ....hehehe.






Share:

Maret 2018






إِنِّي رَأَيْتُ وُقُوْفَ الْمَاءِ يُفْسِدُهُ # إِنْ سَاحَ طَابَ وَإنْ لَمْ يَجْرِ لَمْ يَطِبْ

“Sesungguhnya aku melihat genangan air yang diam itu merusak dirinya sendiri. Jika air itu mengalir maka ia menjadi jernih namun ketika berhenti mengalir maka hilanglah kejernihannya.” (al-Imām asy-Syāfi’i)

Tak terasa kita sudah  memasuki kuarter pertama di tahun 2018, banyak yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini dan kalau ada kesempatan /waktu mau di share di blog ini, ada beberapa pengalaman pertama yang saya alami salah satu diantaranya menggunakan aplikasi airbnb untuk sewa villa. mungkin nanti perlu dibuatkan tutorialnya.

Sejak awal tahun ini banyak kegiatan yang membuat waktu terasa cepat berlalu.mudah-mudahan banyak kegiatan ini diberikan keberkahan. "Fil harakah barakah," dalam bergerak ada keberkahan. Bergerak berarti berusaha, berupaya sebagai wujud dari ikhtiar manusia.


Share:

Turbulensi di dalam badai

Menciptakan mood bekerja yang "kondusif" saat dibawah tekanan memerlukan energi yang benar-benar extra. Terutama bila bidang yang kita kerjakan itu memerlukan daya kreatifitas tinggi. Tapi manusia adalah mahluk adaptif kan?, Kita harus bisa menghadapi situasi apapun yang akan menyongsong kita di depan. Hanya mungkin akan berpengaruh terhadap hasil atau sebuah karya yang dihasilkan.

Apakah sebuah karya diciptakan dalam kondisi mood yang  baik akan menghasilkan sesuatu yang baik ? dan respon terhadap karya itu bagaimana nantinya kalau misalnya ketika dikerjakan dalam kondisi yang kacau. Kalau diibaratkan aspek-aspek pembentuk mood kerja itu adalah barisan senar dalam sebuah gitar, apabila satu senar tidak di stem dengan baik dan  sebuah kunci nada dimainkan maka tidak akan terdengar dengan enak.

Mungkin seperti itu kurang lebihnya... ini hanya sebuah turbulensi di dalam badai.
Share:

Hello 2018

my blog post statistic 2006 - 2017

Just wanna say hello 2018

I'm blogging Since 2006, wow it has been 12 years. I have posted 143 titles in my blog with average 12 post per year. My first post called "first shout" posted on July 13th 2006. Usually I write blog in Indonesian language. Since 2006 until today netizen visit my blog about 126,479 page views. My most popular post is "Contoh percakapan di call center" posted on December 28th 2010 with 29,704 views. My lowest blog post in a year is 4 post that happened in year of 2012. and my higher number of blog post is 19 post in 2010.

Welcome 2018 , Future is always exiting!




Share:

Perbedaan update status sosmed dan blog

Apakah perbedaan update status sosmed dan curhat di blog? Beberapa tahun ini perkembangan mengakses sosial media semakin menjadi kebiasaan rutin dalam keseharian dalam kehidupan kita ini. sejak saya mendaftar facebook di tahun 2005 sebelumnya aktif di friendster sebelum meredup tahun sekitar 2008 waktu itu pesbukan cuma asyik colek-colek (poke) aja.

Kalau lihat orang pesbukan ( beraktifitas sosial media menggunakan aplikasi facebook ) kini agak pusing juga melihatnya, apalagi dengan gencarnya situasi politik dalam dan luar negeri share2 link clickbait ( judul yang menggelitik untuk di klik ) yang niatnya hanya  mencari pengunjung agar datang ke website. Banyak juga berita-berita hoax yang beredar,  Mulai dari yang sekedar share bahkan ada yang berantem di timeline.

Itulah kenapa saya tetap pilih konsisten untuk blog saja, saya bisa tulis apa yang saya mau tulis. Mau apapun yang kita tulis, yang dilike dan dishare sebetulnya yang mengambil keuntungan terbesarnya ya Facebook itu sendiri. Sebagai penggguna Facebook tentunya anda dipantau apa yang anda suka, anda like dan share dan Facebook mengklasifikan anda dalam suatu kategori user aktif yang tujuan akhirnya ditawarkan kepada pemasang iklan sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Apakah Facebook telah mengkomersialisasikan Ujaran kebencian? Mungkin saja. Yang jelas semakin ramai likes dan komen dalam suatu postingan semakin untung pula si mark zuckerberg ini.

Lantas apa bedanya apa dengan ngeblog?
Website Traffic ( atau trafik)  adalah lalulintas strategis karena berkaitan dengan dunia advertising iklan online yang menjadi sumber utama penghasilan di dunia online. Ibaratnya anda mau buka warung nasi apakah anda akan memilih sebuah tempat yang lalulintasnya sepi dengan kemungkinan dikunjungi orang lebih sedikit atau membuka tempat di pasar yang sudah pasti banyak orang yang datang walaupun belum tentu membeli dagangan anda. 

saya tetep pilih nge-blog. 
Share:

Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit


Call Center Mandiri 14000 atau  mandiri call adalah layanan customer service yang disediakan bagi para nasabah Bank Mandiri. baru-baru ini saya mengalami kejadian pengalaman tidak nyaman dengan layanan mandiri call ini. Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit nya seperti apa ? berikut kronologi kejadiannya :

Sebagai pengguna kartu kredit visa platinum, bulan oktober ada penawaran upgrade otomatis menjadi visa signature dengan mereply SMS. setelah di reply pada menu internet banking >> informasi kartu kredit muncul nomor kartu kredit tambahan.
Pada bulan desember nomor kartu platinum hilang dari menu informasi kartu kredit, ketika akan membayar tagihan tidak bisa memilih menu pembayaran. Hal inilah yang saya coba tanyakan ke call center / mandiri call 14000 bank mandiri.

Ketika menghubungi mandiri call 14000 ini tidak langsung tersambung, ada menu otomatis yang harus ditekan yaitu pilihan bahasa, pilihan permasalahan, untuk berbicara dengan customer service langsung tekan tombol "0". setelah menekan tombol "0", tidak langsung tersambung karena ada keterangan customer service sibuk melayani pelanggan lain. setelah 2-3 menit mendengarkan nada tunggu lagu bank mandiri, tersambung ke Petugas Customer service (CS) pertama. setelah mengutarakan permasalahan ini CS pertama tidak memberikan solusi tetapi melakukan transfer call ke CS bagian kartu kredit, tersambunglah ke CS kedua, bagian kartu kredit , tersambung dengan CS kedua memberikan informasi untuk permasalahannya akan ditangani CS customer Platinum, tersambung dengan CS ketiga setelah diinfokan permasalahannya CS mengambil keputusan masalahnya ada di internet banking dan itu kewenangan CS non kartu kredit ditransfer kembali ( eaaa..  bank mandiri ) ke CS non kartu kredit dan tersambung dengan CS ke empat. Solusi akhir dari CS keempat itu juga tidak memuaskan yaitu disarankan ke kantor Cabang. Disinilah mulai terasa bahwa Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit.

Akhirnya setelah mengantri di layanan Customer Service kantor cabang, mendapat penjelasan bahwa nomor baru yang muncul di internet banking adalah nomor kartu baru yang sudah bertipe visa signature. CS juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan pengiriman kartu sejak bulan november namun tidak ada konfirmasi di alamat penerima jadi status kartu nya tidak diterima. Alasan ini aneh mengingat ada 2 kartu sebelumnya penggantian expire  pernah dikirim ke  alamat yang baru dan status kartu terkirim dan diterima tanpa masalah. Untuk mempercepat penyelesaian daripada berdebat saya ikut solusi yang disarankan CS kantor cabang yaitu , membuat pengajuan perubahan alamat surat-menyurat.

Untuk kekecewaan ini lebih tepatnya pada Layanan call center mandiri call
Setelah 34 menit menghabiskan pulsa sekitar 70rb dengan tidak memberikan solusi berarti maka dapat disimpulkan bahwa :

- Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
- Customer Service nya  tidak paham produk
- Tidak memberikan solusi yang langsung membereskan masalah
- Proses penanganan keluhan yang rumit dan berbelit

Seharusnya dilakukan peningkatan kemampuan untuk petugas customer service agar bisa menjadi one stop solution customer services. itulah pengalaman saya dengan Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit. semoga bisa menjadi pengalaman berharga.







Share:

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block negatif seorang pedagang saat jualan

Mental Block itu secara sederhana adalah bermacam bisikan dari dalam hati kita yang mengajak kita untuk meragukan kemampuan diri sendiri.  Mental block ini sebetulnya pertimbangan logika baik dan buruk sebuah hal yang akan kita tempuh. Akan tetapi ada  Mental Block negatif yang menghambat perkembangan diri anda ke arah yang lebih baik dalam segala hal.


Contoh kasus Mental block saat menjual barang yang menurut kita harganya mahal , maka akan ada bisikan dalam hati: 


  • Harga jualnya kok mahal ya? 
  • Pada mau beli ga ya ?
  • Emang ada yang mau beli?


Tips 1 atasi mental block versi bijaksana :

- harga mahal/murah relatif tergantung perspektif kemampuan finansial seseorang
- barang mahal dan murah ada market nya masing-masing
- rezeki sudah ada yang mengatur selama mau berusaha.


Tips 2 atasi mental block versi coaching hard no heart feeling:
-jangan samakan mindset isi dompet anda sebagai penjual dengan isi dompet mereka calon pembeli kita.

-kalo menurut anda 500rb itu mahal, cari target market yang bilang bahwa 500rb itu :

  • okelah, harga segini wajar sesuai kualitas
  • okelah , harga segini masih terjangkau buat saya
  • okelah , harga segini murah banget bagi saya
Carilah target market itu , sekarang.


Share:

Prosedur Pengajuan klaim Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan

Logo Jamsostek dulu




Logo BPJS ketenagakerjaan kini


Bagi anda yang ingin melakukan Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan atau sebelumnya yang dikenal dengan jamsostek ini harus mengetahui dan mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pastikan BPJS nya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bukannya Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita kheheheh. sebaiknya kita mencari dan menggali informasi sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Tapi tetap aja Proses pencairan jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ini prosesnya memerlukan syarat-syarat yang harus dilengkapi.

Saya sendiri sudah mencari-cari informasi sebelumnya mengenai cara atau Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek ini dan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya saya siapkan dokumen-dokumen asli beserta fotokopinya. Esoknya saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Tiba di kantor BPJS sekitar jam 9 pagi saya lihat suasana nya cukup lengang, perkiraan saya biasanya untuk yang berhubungan dengan pencairan keuangan ini biasanya tempatnya padat. Kemudian saya masuk kedalam dan menanyakan informasi Cara klaim jamsostek
ke Satpam di bagian penerimaan awal dan ternyata pak satpam itu memberitahukan bahwa sebelumnya harus mendaftar online terlebih dahulu dan tidak bisa datang langsung mengajukan klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek. Informasi ini saya tidak mengetahui sebelumnya dan terpaksa pulang gigit jari di hari pertama.

Akhirnya saya isi form klaim online, lumayan ribet juga Proses pencairan jamsostek di tahun 2017 ini
karena sebelumnya harus scan semua dokumen dengan ukuran file minimal 100kb dan maksimal tidak lebih dari 1,8 Mb. Dokumen diupload satu persatu setelah klik tombol simpan eh,, ada notifikasi server error. Akan tetapi ketika cek inbox email ada notifikasi untuk proses registrasi klaim berhasil dan mendapatkan keterangan mohon menunggu maksimal 2x24 jam untuk pemberitahuan selanjutnya. Sampai disini proses yang saya telah lalui dan tulis di blog ini.

Adapun untuk syarat-syarat Proses pencairan Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan ini , berikut syarat untuk peserta dengan alasan klaim mengundurkan diri :

KTP
Kartu Keluarga
Kartu Jamsostek /BPJS ketenagakerjaan
Paklaring atau surat referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan kartu Jamsostek yang terdaftar
Buku Tabungan

Semua diperlukan dokumen asli yang wajib dibawa ke kantor BPJS ketenagakerjaan, demikian untuk saat ini informasi share pengalaman saya dalam proses pencairan BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat :)


Share:

Layanan baru Google Domains, apakah itu?

Karena udah agak jarang akses blogger.com untuk melihat-lihat koleksi blogspot saya ternyata ada sesuatu yang baru ketika kita membuka dahsboard utama blogger.com dan memilih salah satu blog yang kita miliki. Ketika di klik akan muncul Pilihan Google Domains beta dan iseng-iseng saya pilih search lalu hasilnya muncul beberapa variasi nama salah satu blog yang kita pilih tersebut dengan beberapa pilihan ekstensi domain mulai dari yang top level domain  .com .org .cc .us .info sampai ekstensi domain yang baru saya lihat/dengar/ketahui misalnya .services , .experts, .media.

Pertanyaan sekaligus kesimpulan pertama kali yang saya tangkap adalah Google jualan domain sekarang? Karena biasanya penjual domain yang saya kenal hanya di godaddy atau biasanya saya membeli di indowebsite.net. Lalu saya coba cari-cari informasi mengenai info lengkap google domains ini.saya ketik kata kunci google domains di mesin pencari google langsung muncul ke domain.google lalu saya ketik berita dengan kata kunci “google luncurkan google domains“ ternyata sudah ada sejak bulan april 2017 dan ternyata pemikiran saya benar google domains ini adalah  fitur yang memungkinkan kita untuk membeli domain langsung dari pihak Google.

Bagaimana dengan harganya? Berikut Saya coba bandingkan antara google domains, godaddy dan indowebsite.net untuk sebuah domain dengan nama dan ekstensi yang sama. Ini hasilnya :

Nama domain : clashclaninfomediagamers.com  

Harga di google domains beta : IDR 165.930/ tahun tidak ada keterangan pajak
Harga di godaddy.com : IDR 115.000/tahun sudah termasuk pajak
Harga di indowebsite.net IDR 148,500/tahun sudah termasuk pajak

Dari kesimpulan diatas untuk harga domain termurah masih dipegang godaddy.com disusul indowebsite.net lalu google domains beta. Untuk Keunggulan dari google domains ini saya belum pernah coba mungkin ada rekan blogger lain yang mau berbagi pengalamannnya menggunakan google domains ini silahkan infokan di kolom komentar.

Demikian informasi mengenai Layanan baru google, google domains beta ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan share di media sosial.





Share:

Hello Juli 2017

A post shared by Iman Gilarginanjar Farlani (@imanfarlani) on



Hello Juli 2017 , kita baru saja melewati bulan ramadhan 1438 H dan sekarang berada di bulan syawal , mari kita kembali ke awal hehehe. Momentnya pas nih untuk  awal yang baru , ceritanya sekarang punya ruang kerja baru di rumah , it's an escape room, juga sebagai workshop merangkap ruang ngoprek, ruang bebas , ruang kreasi , ruang relaksasi ,  ruang kreatif  , ruang serbaguna , dan juga  gudang , kondisinya masih "pabalatak" (berantakan) dan selanjutnya
Share:

Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang

Pengajuan visa adalah salah satu syarat yang dibutuhkan jika ingin melakukan perjalanan ke negara jepang. untuk visa Waiver berbeda dengan visa biasa yang visa single entry maupun multiple entry adalah visa waiver ini syaratnya lebih mudah dan tidak mengeluarkan biaya dan tidak ada syarat minimal tabungan yang konon katanya untuk pengajuan visa biasa harus ada minimal 2 digit awal +  enam angka saldo rupiah hehehe.Walaupun mudah, Proses pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang ini memakan waktu 2 hari kerja. 

Hari pertama proses pengajuan siapkan syarat2nya yaitu paspor nya wajib e-paspor (untuk informasi pengajuan e-paspor bisa cek disini) , yang kedua mengisi formulir pengajuan visa waiver. Untuk hari pertama pengajuan jam pelayanan visa waiver ini mulai jam 8 pagi s.d jam 12 siang.


Proses hari pertama Pengajuan visa waiver ke kedutaan jepang
Datang ke kedutaan jepang di Jakarta lokasinya di jl. Thamrin Samping plaza indonesia, sekilas bangunannya mirip penjara dengan warna gelap dan kawat berduri terlihat dimana2, sebetulnya ini gedung kedutaan atau benteng takeshi ? wkwkwk . Kalau bawa kendaraan sebaiknya cari parkir di sekitaran thamrin karena kalau lihat situasinya tidak parking friendly terutama untuk pemohon visa. 

Pastikan berpakaian rapih celana kemeja sepatu standar formal seperti mau ngelamar kerja. Sangat wajib membawa kartu identitas asli ktp atau sim karena akan ditukar dengan nomor visitor di  pintu depan bagian keamanan. Prosedur masuk ke dalamnya juga berlapis-lapis keamanan dengan beberapa pintu level penjagaan.

1.pintu gerbang
Proses pertama tiba di pintu depan ada petugas satpam yang akan menanyakan keperluan datang ke kedutaan, jawab sesuai kebutuhan kita kalau datang pagi berarti mau mengajukan visa. Kalau datang diatas jam 1 siang dan bilangnya mau ajukan visa akan ditolak dan dilarang masuk lalu disuruh datang besok pagi sebelum jam 12. Masih di pintu depan satpam akan  memeriksa barang bawaan isi tas wajib dibuka dan diperlihatkan. Hanya protokol standar keamanan biasa yang lumayan ketat. Setelah lolos pengecekan tunggu instruksi masuk ke gedung kedutaan jepang ini. Pintunya mirip yang sering kita lihat di film2 holywood yaitu gedung dengan tingkat keamanan atau di penjara yang hanya bisa dibuka otomatis setelah nada tanda bel berbunyi.

2. Pintu depan
Dari gerbang masuk ke  pintu depan setelah  dibuka bagian selanjutnya adalah penukaran kartu identitas ktp atau sim dan wajib disimpan di pos, sebagai gantinya kami mendapatkan nomor tanda visitor. Sesudahnya masuk ke ruangan bertuliskan pintu masuk.

3.pintu masuk
Di pintu masuk ini barang bawaan akan di scan seperti di bandara, dan kami melewati gerbang detector logam. Lolos masuk ke pintu selanjutnya ruang tunggu

4.ruang tunggu
Ada sekitar kursi yang bisa ditempati 10 orang untuk menunggu masuk apabila ruang layanan visa penuh. tersedia brosur2 wisata ke jepang , majalah dan koran bertuliskan huruf kanji silahkan dilihat-lihat :)

5.ruang pelayanan visa
Masuk ke ruangan ini segera ambil nomor antrian otomatis tekan 1 tombol keluar nomor antrian, pastikan menekan tombol A, karena tombol B dikhususkan untuk melayani WNA jepang.
Begitu masuk ruangan pelayanan visa ini suasana nya langsung terasa berbeda terutama interior yang sudah terasa negara jepangnya ditambah poster-poster promosi pariwisata jepang. Tersedia formulir siap isi sesuai kebutuhan dan 1 orang petugas khusus yang memberikan kertas resi untuk diserahkan nanti ke petugas loket, semua diisi lengkap, kalau ada yang kurang dimengerti tanya aja petugasnya.
Setelah nomor urut dipanggil maju ke petugas loket yang muncul memanggil nomor antrian kita tadi , serahkan persyaratan yang dibutuhkan untuk visa waiver yaitu e-paspor, formulir visa waiver , karcis nomor antrian, dan struk resi dari petugas tadi. Apabila syarat lengkap kurang dari lima menit sudah disetujui dan diinformasikan agar datang kembali besok mulai setengah 2 siang untuk pengambilan paspor yang sudah disetujui pengajuan visa waiver nya.
Selesai hari pertama silahkan menunggu 1 hari kerja , kalau pengajuannya hari jumat maka bisa diambil hari senin. Jangan lupa tukar kembali visitor cardnya dengan kartu identitas yang kita titipkan tadi.

Oiya di ruangan ini tidak boleh foto2 dan handphone wajib di silent kalau ada telepon masuk harus dijawab di luar ruangan/ diruang tunggu yang tadi.


Proses hari kedua pengajuan visa waiver

Di hari kedua ini walaupun kemarin petugas loketnya nyuruh datang jam setengah 2 , kalo ga mau antri pastikan datang lebih awal. Waktu itu saya datang jam 12.30 dan sudah ada sekitar 30 orang mengantri di depan saya dan sesudahnya hingga waktu buka gerbang pengambilan jam setengah 2 sudah ada puluhan orang mengantri dibelakang saya. Siapkan mental dan fisik karena antrian di pintu gerbang nya di luar ruangan pada waktu tengah hari berjemur di teriknya kota jakarta jangan lupa bawa air mineral dingin dan payung untuk melindungi panas maupun hujan sebagai persiapan saat mengantri. 

Prosesnya sama dengan hari ke 1 mulai dari pintu gerbang sampai masuk ke ruang pelayanan visa dan ambil nomor antrian. Struk resi yang sudah di nomori kemarin ditukar dengan paspor yang kita titipkan kemarin. Apabila paspor kita sudah ada gambar gunung fuji dan cap kedutaan jepang artinya sudah bisa bolak balik ke jepang nih selama 3 tahun atau sampai paspor habis tergantung mana yang lebih dulu. Menggunakan visa waiver ini dalam 1 x kunjungan ke jepang maksimalnya 15 hari.

Demikian sharing pengalaman pengajuan visa waiver terbaru dari saya, semoga bermanfaat. Kalo ga mau ribet katanya bisa ajuin juga lewat travel agen yang menyediakan jasa pengajuan visa waiver ada tambahan biaya tentunya untuk jasa si travel agen.

Kalau mau coba-coba sendiri sebelumnya bisa cari2 info yang lengkap di google mengenai pengajuan visa waiver ini seperti yang saya lakukan . Pengambilannya hanya 5 menit. antrinya saat pengambilan 2 jam lebih lumayan perjuangan demi visa waiver oh visa waiver.
Share:

Cerita e-paspor part 3: pengambilan paspor di kantor imigrasi

Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman proses pengambilan paspor di kantor imigrasi jakarta selatan. Pengambilan nomor antrian untuk pengambilan Paspor hanya bisa diambil mulai jam 13:00 
waktu itu saya datang jam 11:00  harus nunggu 2 jam hanya duduk saja, untuk ambil nomor antrian juga belum bisa. Tanpa ada informasi tambahan kenapa engga bisa ambil nomor antrian sebelum jam 1 siang. Ketika Jam 12 siang tanpa ada informasi atau pengarahan ada beberapa ibu2 berjejer ( lebih tepatnya berkerumun )
Share:

Cerita e-paspor part 2 : upgrade paspor biasa ke e-paspor

Melanjutkan cerita sebelumnya masih tentang paspor dan imigrasi


Baca juga : Cerita e-paspor part 1 : Mengantri di kantor imigrasi

...

Setelah perjalanan jam 2 subuh dari bandung ke imigrasi kelas 1 jakarta selatan nyampe jam 4 dan ngantri berdiri sampai jam 6 , akhirnya dapet nomor antrian dari mesin print komputer dilanjutkan dengan mengantri lagi sampai pendaftaran dibuka jam 8 pagi. Pemeriksaan kelengkapan data dilakukan berulang-ulang mulai dari satpam sampai petugas pemberi nomor antrian menanyakan kelengkapan berkali-kali. Jangan lupa untuk selalu berpakaian rapih dan hindari baju putih karena background latar saat di foto nanti  berwarna putih . waktu itu petugas mendapati seorang pengantri paspor bersendal dan langsung dikeluarkan dari antrian tidak diijinkan mendaftar padahal sudah antri dari subuh juga lho disuruh pulang lagi dan mengulang proses antrian yang menakjubkan itu.
Kenapa harus ke jakarta? Karena untuk mengurus e-paspor sementara ini baru bisa di beberapa kota tepatnya di 3 kota saja yaitu: jakarta, batam dan surabaya. Kenapa ga daftar antrian online dulu?
Share: