Sebelumnya mungkin kita pernah dengar ada berita penurunan harga saham perusahan shutterstock inc, salah satu penyedia konten foto, ilustrasi dan video footage yang berlokasi di New York.Shutterstock ini salah satu pelaku utama di bisnis microstock. Oh iya, buat anda yang mungkin baru mendengar istilah microstock ini adalah secara singkatnya dimana kita bisa menitipkan karya foto atau ilustrasi maupun video kita untuk dijual oleh perusahaan tersebut. harga yang didapatkan oleh kita sebagai microstocker adalah $0.25 per 1pcs download, jualan foto dengan harga receh begitu secara garis besar bisnisnya. Walaupun terkesan receh telah banyak yang meraup penghasilan ribuan dollar per bulan.

Baru-baru ini mengumumkan informasi mereka menurunkan fee/honor download para microstockernya menjadi $0.10 dan tambahan beberapa aturan baru struktur pembayaran penghasilan. Hal ini menimbulkan kegaduhan besar bagi para contributornya

"A new “Stock Coalition” made up of photographers, illustrators, animators, and filmmakers from around the world is calling for a “global shutdown of Shutterstock portfolios” to protest the recent change to the stock giant’s royalty structure, notes PetaPixel. The industry body is asking contributors to disable their accounts for “at least one week” starting today. The controversy at the core of this call-to-action began a few weeks ago, when Shutterstock revealed a new earnings/royalty structure that infuriated many of its core contributors." (sumber : air-ap.com )
"Sebuah " Koalisi Kontributor "baru yang terdiri dari fotografer, ilustrator, animator, dan pembuat film dari seluruh dunia menyerukan" penutupan global portofolio Shutterstock "untuk memprotes perubahan baru-baru ini pada struktur royalti raksasa saham itu, catat PetaPixel. Industri ini badan meminta kontributor untuk menonaktifkan akun mereka untuk "setidaknya satu minggu" mulai hari ini. Kontroversi pada inti ajakan untuk bertindak ini dimulai beberapa minggu lalu, ketika Shutterstock mengungkapkan struktur pendapatan / royalti baru yang membuat marah banyak dari mereka. kontributor inti. "

Dampak struktur pembayaran royalty ini sangat terasa bagi kontributor yang sudah lama bergabung di shutterstock ini, karena ada sistem leveling berdasarkan jumlah karya yang di upload dan yang terasa  merugikan adalah semua level tersebut direset setiap awal tahun. Kalau bagi saya sih dampaknya belum begitu berasa, malah mungkin menguntungkan untuk awalnya walaupun nantinya untuk jangka panjang akan terasa berat.

Yang sakit hati tentunya yang sengaja serius menekuni bisnis ini sebagai pekerjaan utama, terasa semakin tidak dihargai karyanya. Jadi  masih kah ada peluang di bisnis microstock?