Logo Jamsostek dulu




Logo BPJS ketenagakerjaan kini


Bagi anda yang ingin melakukan Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan atau sebelumnya yang dikenal dengan jamsostek ini harus mengetahui dan mempersiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pastikan BPJS nya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bukannya Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita kheheheh. sebaiknya kita mencari dan menggali informasi sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Tapi tetap aja Proses pencairan jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan ini prosesnya memerlukan syarat-syarat yang harus dilengkapi.

Saya sendiri sudah mencari-cari informasi sebelumnya mengenai cara atau Proses pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek ini dan sudah mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sehari sebelumnya saya siapkan dokumen-dokumen asli beserta fotokopinya. Esoknya saya datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Tiba di kantor BPJS sekitar jam 9 pagi saya lihat suasana nya cukup lengang, perkiraan saya biasanya untuk yang berhubungan dengan pencairan keuangan ini biasanya tempatnya padat. Kemudian saya masuk kedalam dan menanyakan informasi Cara klaim jamsostek
ke Satpam di bagian penerimaan awal dan ternyata pak satpam itu memberitahukan bahwa sebelumnya harus mendaftar online terlebih dahulu dan tidak bisa datang langsung mengajukan klaim pencairan BPJS ketenagakerjaan /jamsostek. Informasi ini saya tidak mengetahui sebelumnya dan terpaksa pulang gigit jari di hari pertama.

Akhirnya saya isi form klaim online, lumayan ribet juga Proses pencairan jamsostek di tahun 2017 ini
karena sebelumnya harus scan semua dokumen dengan ukuran file minimal 100kb dan maksimal tidak lebih dari 1,8 Mb. Dokumen diupload satu persatu setelah klik tombol simpan eh,, ada notifikasi server error. Akan tetapi ketika cek inbox email ada notifikasi untuk proses registrasi klaim berhasil dan mendapatkan keterangan mohon menunggu maksimal 2x24 jam untuk pemberitahuan selanjutnya. Sampai disini proses yang saya telah lalui dan tulis di blog ini.

Adapun untuk syarat-syarat Proses pencairan Jamsostek / BPJS ketenagakerjaan ini , berikut syarat untuk peserta dengan alasan klaim mengundurkan diri :

KTP
Kartu Keluarga
Kartu Jamsostek /BPJS ketenagakerjaan
Paklaring atau surat referensi dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan kartu Jamsostek yang terdaftar
Buku Tabungan

Semua diperlukan dokumen asli yang wajib dibawa ke kantor BPJS ketenagakerjaan, demikian untuk saat ini informasi share pengalaman saya dalam proses pencairan BPJS ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat :)