Shutterstock turun harga, masihkah ada peluang di bisnis microstock?
"A new “Stock Coalition” made up of photographers, illustrators, animators, and filmmakers from around the world is calling for a “global shutdown of Shutterstock portfolios” to protest the recent change to the stock giant’s royalty structure, notes PetaPixel. The industry body is asking contributors to disable their accounts for “at least one week” starting today. The controversy at the core of this call-to-action began a few weeks ago, when Shutterstock revealed a new earnings/royalty structure that infuriated many of its core contributors." (sumber : air-ap.com )
"Sebuah " Koalisi Kontributor "baru yang terdiri dari fotografer, ilustrator, animator, dan pembuat film dari seluruh dunia menyerukan" penutupan global portofolio Shutterstock "untuk memprotes perubahan baru-baru ini pada struktur royalti raksasa saham itu, catat PetaPixel. Industri ini badan meminta kontributor untuk menonaktifkan akun mereka untuk "setidaknya satu minggu" mulai hari ini. Kontroversi pada inti ajakan untuk bertindak ini dimulai beberapa minggu lalu, ketika Shutterstock mengungkapkan struktur pendapatan / royalti baru yang membuat marah banyak dari mereka. kontributor inti. "
Sejarah saya mengenal internet
Photo by John Schnobrich on Unsplash |
Saya mulai mengenal internet sekitar tahun 1997 dimana zaman tersebut internet masih tergolong teknologi baru untuk ukuran kota kelahiran saya yang hanyalah sebuah kota kecil perlintasan dari 1 kota besar ke kota besar lainnya ( ada yang bisa nebak ? ). Bahkan saat itu belum ada yang namanya Warnet atau warung internet yang kalau dilihat kondisi warnet-warnet sekarang mungkin sudah hampir punah. Untuk bisa mengakses internet dulu harus datang ke kantor pos nama layanan penyedia akses internetnya adalah "wasantara-net". semacam warung internet ada komputer desktop pc siap pakai dengan akses internet.Hal yang dilakukan internetan waktu itu hanya sebatas mengakses email dan chatting dengan aplikasi mIRC . Tapi sungguh senangnya bukan main bisa internetan walau hanya gitu-gitu saja hehe. Email pertama saya adalah dari layanan email Yahoo.com dimana waktu itu sangat berjaya di awal hadirnya internet. multimedia seperti audio dan video masih langka dan belum selancar sekarang.
Masa transisi pandemi covid-19
Mem
Oh iya selama masa PSBB ini berlangsung jalan depan rumah saya yang bukannya semakin sepi tapi tambah ramai dengan lalu lalang sepeda motor. Pasalnya, saya tinggal di daerah kampung yang berbatasan dengan dua kompleks perumahan yang cukup besar dan selama kebijakan PSBB ini kedua jalan utama kompleks ini ditutup total. Sehingga kendaraan bermotor roda dua membanjiri jalan kampung kami. Dan istimewanya kelurahan kami ini dilabeli zona merah! , mantap kan?.
Pandemi ini memang berdampak sangat besar kepada semua pihak, adakah yang tidak terdampak sama sekali oleh penyebaran ini?. Tetangga kiri kanan sudah pasang plang untuk menjual rumahnya, ketika sedikit ngobrol dengan si tetangga tersebut dia bilang bahwa virus ini rekayasa dari negara adidaya yang sedang perang dagang dan ada unsur kesengajaan sehingga dia kehilangan pekerjaannya dan terpaksa harus menjual rumahnya.
Para ahli clickbait menjadikan pandemi ini sebagai sarana berburu “cuan” dengan menghadirkan isu konspirasi dalam pandemi ini. Benar atau tidaknya apakah isu teori konpirasi ini kalaupun misalnya benar istilah yang lebih tepatnya bukan teori konspirasi tetapi harusnya teori konsinyasi. Karena yang berperan menitipkan isu ini untuk mencari keuntungan dan biasanya yang mencari keuntungan itu para adalah pedagang yang menitipkan barangnya.
Lalu apa usaha saya untuk melawan darurat ekonomi ini? Saat ini selain tetap menjalankan usaha yang sudah berjalan dengan kondisi pasrah. Saya coba-coba dulu merintis profesi freelancer dan kerja online dengan sistem work from home. Nantilah saya bahas satu-persatu kalau ada yang sudah menghasilkan, yang jelas bukan jualan konspirasi.
See yu later blog.
Posting ah di tahun 2020
Photo by hannah grace on Unsplash |
By de way blog ini umurnya udah 14 tahun udah lagi ABG nih baru mulai remaja jadi harap maklum kalau masih labil, namanya juga remaja haha
Hmm banyak perubahan sekarang di forum2 tulis menulis trendnya dari medium dan quora , kaskus udah jarang akses, dan sekarang orang-orang cenderung lebih hobi nonton vlog youtube. para artis pun berlomba-lomba bikin vlog.
Sekarang kondisi terkini saat ini ceritanya lagi pembatasan sosial berskala besar katanya untuk mengurangi dampak corona atau covid19
lagi cari-cari rekomendasi judul film eh ternyata masih ada yang nulis di blogger, sekalian nitip link biar ga lupa , nemu tempat rekomendasi nonton film di sini >> https://ajirenji.blogspot.com/
Menjadi Warganet Cerdas & Kreatif
Semuanya kini serba online, “Internet of things” (IoT) begitu kata para ahli dan pakar Informatika dulu memprediksi kondisi dimana saat akses internet semakin bertambah kecepatan dan mudah serta murah didapatnya. IoT sendiri adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Interaksi sehari-hari dalam kegiatan rumah tangga kini tak lepas dari koneksi internet. Selain penggunaan gadget smartphone , Sebagai contoh sekarang sudah ada istilah Smart TV dimana TV sudah dilengkapi operating system android. Atau ada juga nantinya lemari es yang terkoneksi internet dimana kulkas tersebut memilik “kecerdasan” bisa mendeteksi misalnya ketika ada makanan yang sudah tidak bisa dikonsumsi karena terlalu lama disimpan, bahkan bisa memesan otomatis barang-barang sesuai kebiasaan penghuni rumah dan kemudian belanja kebutuhan sendiri secara online dan terintegrasi dengan minimarket terdekat.
Di dunia yang kini serba online mulai kita rasakan berbagai kemudahan mulai dari pemesanan tiket, transportasi, belanja online sampai delivery makanan cukup dengan beberapa sentuhan jari saja. Untuk usaha dengan level usaha kecil menengah ( UKM ) kini sangat mudah dan terhitung murah jika ingin meng-online-kan bisnis mereka agar memilik alamat dotcom dengan mendaftar domain dan layanan hosting. Banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting ini yang sangat berkualitas salah satunya adalah penyedia jasa layanan hosting indowebsite yang bisa diakses di : www.indowebsite.id dengan memiliki alamat dotcom sendiri bisnis kita akan semakin mudah dijangkau calon konsumen yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.
“The world is in your hand” mengutip dari sebuah slogan BUMN telekomunikasi terbesar di negeri ini yang juga menyediakan akses internet yang murah dan cepat. Teknologi di dunia ini semakin cerdas, lalu bagaimana dengan masyarakatnya? Berdasarkan pembagian generasi menurut para ahli kategori pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran ada Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980) dimana saat itu komputer baru mulai dikembangkan, kemudian Generasi Y atau dikenal juga sebagai Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994) di usia ini sudah berkembang penggunaan gadget smartphone yang sudah canggih , ada juga Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010) dan Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang) yang sudah sangat terbiasa dengan kecanggihan teknologi sejak usia dini. Bahkan kini anak-anak zaman sekarang kalau ditanya cita-citanya bukan ingin menjadi dokter atau pengacara lagi, tetapi pasti sebagian besar mereka akan ada yang menjawab ingin menjadi seorang blogger, internet marketer,vlogger, youtuber.
Internet sendiri bagaikan dua sisi mata uang, selain hal positif ada juga beberapa dampak negatif yang patut kita waspadai. Ada berbagai hal mulai dari penjudian online, pornografi, perdagangan manusia,penyebaran hoax melalui berbagai media sosial, penyebaran paham radikal dan lain-lainya. Tergantung dari kita menyikapi nya dengan menjadi pengguna internet yang cerdas. Kita lawan hal-hal negatif tersebut dengan menciptakan konten-konten cerdas mendidik, berkualitas, dan konten hiburan positif yang mempunyai dampak mencerdaskan apabila ada yang melihat karya kita tersebut. Atau jika kita tidak bisa membuat konten sendiri, minimal kita share konten milik orang lain yang bersifat positif.
Mari kita tanamkan dalam diri kita semangat bersama cerdaskan bangsa. ajak semua teman dan keluarga juga menjadi netizen atau warganet yang kreatif dan cerdas. Tidak mudah terprovokasi dan tidak gampang menyebar berita bohong yang sumbernya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Si Tukang "Nyangut"
Dalam kegiatan keseharian manusia berkomunikasi ada juga orang yang bisa diberi julukan si tukang nyangut, yaitu orang yang suka ikut-ikutan nyahut, nyamber atau nyantol pembicaraan orang lain. misalnya ketika si A dan si B sedang bercakap-cakap, tiba-tiba si C ini ikut di dalam percakapan antara A dan B tanpa diajak pembicaraan sebelumnya. istilah jaman now nya itu ya "kepo" tapi sudah di level diatasnya karena sering ikut nimbrung aja, bukan sekedar ingin tahu. sering nya tanpa diundang masuk ke dalam sebuah pembicaraan yang bukan urusannya.
Apabila si tukang nyangut ini diibaratkan sebuah lele di dunia perikanan, maka posisinya sangat lemah sekali. ikan lele salah satu jenis ikan yang gampang dijumpai karena harganya murah dan mudah didapatkan, berbeda dengan misalnya ikan gurame yang lebih mahal dan biasanya dijumpai di menu restoran, maka ikan lele biasanya tersaji di warung tenda pinggir jalan yang kualitas higienis nya sering diragukan..maka dari itu dalam analogi status sosial dengan dunia perikanan ini janganlah menjadi tipe manusia tukang nyangut seperti ikan lele yang suka bertele-tele:) ....hehehe.
Maret 2018
“Sesungguhnya aku melihat genangan air yang diam itu merusak dirinya sendiri. Jika air itu mengalir maka ia menjadi jernih namun ketika berhenti mengalir maka hilanglah kejernihannya.” (al-Imām asy-Syāfi’i)
Tak terasa kita sudah memasuki kuarter pertama di tahun 2018, banyak yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini dan kalau ada kesempatan /waktu mau di share di blog ini, ada beberapa pengalaman pertama yang saya alami salah satu diantaranya menggunakan aplikasi airbnb untuk sewa villa. mungkin nanti perlu dibuatkan tutorialnya.
Sejak awal tahun ini banyak kegiatan yang membuat waktu terasa cepat berlalu.mudah-mudahan banyak kegiatan ini diberikan keberkahan. "Fil harakah barakah," dalam bergerak ada keberkahan. Bergerak berarti berusaha, berupaya sebagai wujud dari ikhtiar manusia.
Turbulensi di dalam badai
Apakah sebuah karya diciptakan dalam kondisi mood yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik ? dan respon terhadap karya itu bagaimana nantinya kalau misalnya ketika dikerjakan dalam kondisi yang kacau. Kalau diibaratkan aspek-aspek pembentuk mood kerja itu adalah barisan senar dalam sebuah gitar, apabila satu senar tidak di stem dengan baik dan sebuah kunci nada dimainkan maka tidak akan terdengar dengan enak.
Mungkin seperti itu kurang lebihnya... ini hanya sebuah turbulensi di dalam badai.
Hello 2018
my blog post statistic 2006 - 2017 |
Just wanna say hello 2018
I'm blogging Since 2006, wow it has been 12 years. I have posted 143 titles in my blog with average 12 post per year. My first post called "first shout" posted on July 13th 2006. Usually I write blog in Indonesian language. Since 2006 until today netizen visit my blog about 126,479 page views. My most popular post is "Contoh percakapan di call center" posted on December 28th 2010 with 29,704 views. My lowest blog post in a year is 4 post that happened in year of 2012. and my higher number of blog post is 19 post in 2010.
Welcome 2018 , Future is always exiting!
Perbedaan update status sosmed dan blog
Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
Call Center Mandiri 14000 atau mandiri call adalah layanan customer service yang disediakan bagi para nasabah Bank Mandiri. baru-baru ini saya mengalami kejadian pengalaman tidak nyaman dengan layanan mandiri call ini. Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit nya seperti apa ? berikut kronologi kejadiannya :
Sebagai pengguna kartu kredit visa platinum, bulan oktober ada penawaran upgrade otomatis menjadi visa signature dengan mereply SMS. setelah di reply pada menu internet banking >> informasi kartu kredit muncul nomor kartu kredit tambahan.
Pada bulan desember nomor kartu platinum hilang dari menu informasi kartu kredit, ketika akan membayar tagihan tidak bisa memilih menu pembayaran. Hal inilah yang saya coba tanyakan ke call center / mandiri call 14000 bank mandiri.
Ketika menghubungi mandiri call 14000 ini tidak langsung tersambung, ada menu otomatis yang harus ditekan yaitu pilihan bahasa, pilihan permasalahan, untuk berbicara dengan customer service langsung tekan tombol "0". setelah menekan tombol "0", tidak langsung tersambung karena ada keterangan customer service sibuk melayani pelanggan lain. setelah 2-3 menit mendengarkan nada tunggu lagu bank mandiri, tersambung ke Petugas Customer service (CS) pertama. setelah mengutarakan permasalahan ini CS pertama tidak memberikan solusi tetapi melakukan transfer call ke CS bagian kartu kredit, tersambunglah ke CS kedua, bagian kartu kredit , tersambung dengan CS kedua memberikan informasi untuk permasalahannya akan ditangani CS customer Platinum, tersambung dengan CS ketiga setelah diinfokan permasalahannya CS mengambil keputusan masalahnya ada di internet banking dan itu kewenangan CS non kartu kredit ditransfer kembali ( eaaa.. bank mandiri ) ke CS non kartu kredit dan tersambung dengan CS ke empat. Solusi akhir dari CS keempat itu juga tidak memuaskan yaitu disarankan ke kantor Cabang. Disinilah mulai terasa bahwa Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit.
Akhirnya setelah mengantri di layanan Customer Service kantor cabang, mendapat penjelasan bahwa nomor baru yang muncul di internet banking adalah nomor kartu baru yang sudah bertipe visa signature. CS juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan pengiriman kartu sejak bulan november namun tidak ada konfirmasi di alamat penerima jadi status kartu nya tidak diterima. Alasan ini aneh mengingat ada 2 kartu sebelumnya penggantian expire pernah dikirim ke alamat yang baru dan status kartu terkirim dan diterima tanpa masalah. Untuk mempercepat penyelesaian daripada berdebat saya ikut solusi yang disarankan CS kantor cabang yaitu , membuat pengajuan perubahan alamat surat-menyurat.
Untuk kekecewaan ini lebih tepatnya pada Layanan call center mandiri call
Setelah 34 menit menghabiskan pulsa sekitar 70rb dengan tidak memberikan solusi berarti maka dapat disimpulkan bahwa :
- Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit
- Customer Service nya tidak paham produk
- Tidak memberikan solusi yang langsung membereskan masalah
- Proses penanganan keluhan yang rumit dan berbelit
Seharusnya dilakukan peningkatan kemampuan untuk petugas customer service agar bisa menjadi one stop solution customer services. itulah pengalaman saya dengan Layanan Call Center Bank Mandiri Rumit. semoga bisa menjadi pengalaman berharga.