Jadi ceritanya blog yang sudah berumur 14 tahun ini ingin berganti nama menjadi nama domain sendiri, dari alamat berehel.blogspot.ini ( dulu pilih2 nama ngacak aja tanpa arti ) ingin diganti ke nama saya sendiri. Namun karena hanya hobi iseng ga usah yang mahal-mahal nemulah domain dengan harga termurah yaitu 10rb-an aja per tahun. akhirannya atau ekstensi domainnya my.id. Namanya menggunakan singkatan nama saya imagifa.

Untuk setting blogspot menggunakan domain atau nama sendiri ini cukup gampang, pertama beli dulu nama domainnya, atau lebih tepatnya sewa. Harga domain ini bermacam-macam ya, yang termahal berakhirn dot com itu saat ini ( tahun 2020) sekitar 125rb per tahun dengan range kenaikan per tahunnya sekitar 10%. Mahal atau murah nya tergantung kebutuhan dan isi dompet anda. Oh iya buat yang belum tahu untuk dunia www internet ini ada yang namanya domain dan hosting. Domain itu nama atau ibaratnya alamat dan nomor rumah sedangkan hosting itu rumahnya sendiri tempat menyimpan data.

Untuk Langkah-langkah setting blogspot agar menjadi nama domain sendiri sebagai berikut :

1. Membeli domain

2.Setting Dashboard Blogger
Setelah membeli domain langkah pertama adalah pada dashboard blogger masuk ke-menu Setting -> Basic -> publishing -> setup a third-party URL for your blog, masukkan nama domain yang sudah dibeli tadi misalnya www.imagifa.my.id lalu klik simpan. setelah itu nanti akan muncul pesan kesalahan “we have not been able to verify your authority to this domain. Error 12.”, tapi jangan khawatir karena selanjutnya kita akan melakukan pengaturan DNS, catat dua CNAME DNS record yang ada di menu setting tersebut untuk kita pasang nantinya.




3. DNS management
lakukan setting di domain tersebut, caranya masuk ke menu layanan penyedia hostingan kita pilih DNS management. pilih add new record lalu masukkan kode DNS Record yang muncul di blogger tadi. Setelah  masukkan 4 DNS Records tambahan agar nanti domain blog bisa diakses tanpa www. Domain : kosongkan, TTL :  (14400) , Record Type : Pilih A , IP or Hostname : Masukkan 216.239.32.21 Jika sudah klik tombol Add Record. ulangi 3 kali langkah tersebut untuk ip hostname yang dimasukan selanjutnya yaitu :

  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Kembali lagi ke Dashboard Setting menu publishing di blogger, masukan nama domain yang tadi, setelah itu tinggal klik Simpan.Dijamin berhasil dan selamat anda kini mempunyai website dengan nama anda sendiri seharga 10rb hehehehe. mudah bukan?

selain dengan domain utama bisa juga blog di blogger ini diganti alamatnya dengan subdomain. Subdomain ini adalah alamat yang berada di domain utama kita. contohnya anda punya domain namaanda.com lalu dibuatkan subdomain dengan nama bloganda.namaanda.com.

anda tertarik membeli domain dengan nama anda sendiri? bisa beli disini >  indowebsite 
atau disini 


Hosting Unlimited Indonesia


add google ip in cpanel dns zone for subdomain
image credit : pixabay